Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) telah dilaksanakan 4 kali yang merupakan agenda bersama BI. IAEI, dan MES. Kemudian mulai pelaksanaan FRPS V diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan peguruan tinggi di Indonesia yang didukung oleh Bank Indonesia (BI), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), dan Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FOSSEI).

Agenda Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) memiliki diferensiasi dalam kualitas penyelenggaraan, kualitas penelitian, dan kekhususan tema dalam rangka penerapan penelitian perbankan syariah yang lebih berhasil guna dan langsung berdampak pada industri perbankan syariah.

Untuk lebih meningkatkan kinerja perbankan syariah dan implementasi penelitiannya, maka panitia FRPS mengundang akademisi, praktisi, pengamat, peneliti, bankers, dan mahasiswa serta masyarakat untuk mengirimkan hasil karya tulis, penelitian, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi yang berhubung dengan Forum Riset Perbankan Syariah.

Untuk Forum Riset Perbankan Syariah 2012 ini akan dilaksanakan di Universitas Muslim Indonesia Makassar,  yang akan diselenggarakan pada tanggal 26-27 Juni 2012.  Universitas Muslim Indonesia Makassar sebagai salah satu Universita Besar di wilayah Indonesia Timur memiliki antusias yang besar dalam pelaksanaan FRPS UMI Makkasar karena dapat membantu pengembangan Ekonomi Islam khususnya di Indonesia.

Ekonomi Islam yang kini menjadi solusi bagi permasalahan perekonomian di beberapa negara memacu semangat para pakar ekonomi Islam untuk mensosialisasikan Ekonomi Islam dalam berbagai hal, terutama membuka peluang bagi para pemikir-pemikir untuk menuangkan ide dan temuannya agar menjadi kosntribusi bagi Ekonomi Islam.

Oleh karena itu, Bank Indonesia sebagai Bank Sentral khususnya Direktorat Perbankan Syariah memberikan konstribusi yang dalam pelaksanaan Forum Riset Perbankan Syariah ini bekerja sama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) serta Universitas Muslim Indonesia Makassar.